Gonta-ganti Seragam Satpam: Bikin Pusing Warga & Polri Tak Cermat

Oleh: Andrian Pratama Taher – 14 Januari 2022

tirto.id – Polri akan mengubah kembali seragam satpam di seluruh Indonesia yang sebelumnya mirip dengan seragam kepolisian. Kabar itu disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. Ia mengaku institusinya tengah mengkaji perubahan warna baju satpam yang mirip polisi ke warna krem. “Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem,” kata Ramadhan di Jakarta, Rabu malam (12/1/2022) sebagaimana dilansir Antara.

Ramadhan beralasan, upaya pengubahan warna baju dilakukan karena publik kesulitan membedakan antara satpam dan Polri. Di sisi lain, fungsi satpam adalah profesi yang berbeda dengan kepolisian.

Namun penggunaan warna baru seragam satpam akan diterapkan dalam kurun waktu satu tahun. Sebagai catatan, pergantian seragam satpam dari warna putih-biru tua menjadi warna cokelat muda berlangsung sejak Oktober 2020. Hal tersebut mengacu pada Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Saat itu, Polri berdalih kemiripan warna seragam satpam dengan polisi diharapkan dapat menimbulkan kedekatan emosional, menumbuhkan kebanggaan, hingga memuliakan profesi satpam.

Namun, pada praktiknya ternyata perubahan seragam satpam mirip dengan seragam polisi membuat masyarakat bingung. Hal ini membuat Polri kembali mengkaji untuk mengubah seragam satpam dari coklat muda menjadi krem. Rencana Polri mengubah kembali seragam satpam tersebut mendapat respons publik. Direktur Imparsial Gufron Mabruri menilai, upaya pengubahan warna baju satpam adalah konsekuensi keengganan Polri mendengar aspirasi publik. Dulu, sebelum kebijakan baju berubah menjadi warna cokelat, kata Gufron, masyarakat sipil sudah mengkritik tentang rencana perubahan seragam satpam dari putih-biru tua menjadi coklat atau mirip dengan seragam kepolisian. Kekhawatiran tersebut saat ini ternyata menjadi kenyataan. “[Kritik perubahan seragam] nggak cukup didengar oleh Polri dan tetap dipaksakan sehingga dalam realitasnya, kan, setelah diberlakukan masyarakat pada kebingungan mana satpam hari ini. Dan dampak itu secara nyata dirasakan sendiri oleh polisi, tidak hanya polisi tapi juga masyarakat,” kata Gufron kepada reporter Tirto, Kamis (13/1/2022).

Baca Selanjutnya…

https://tirto.id/gonta-ganti-seragam-satpam-bikin-pusing-warga-polri-tak-cermat-gnEh

id_IDBahasa Indonesia