Teks Pembubaran pada Konteks Ormas

Yudhi Hertanto

Program Doktoral Ilmu Komunikasi Universitas Sahid

15 Maret 2022 18:14·

Ambyar! Bubar bermakna bercerai-berai, berserakan. Sementara pembubaran adalah sebuah tindak perbuatan secara aktif untuk mencapai situasi bubar. Pilihan kata pembubaran memiliki konsekuensi politis yang berganda,terutama bila dikaitkan dengan keberadaan organisasi massa -ormas.

Sebagai sebuah wadah berkumpul, ormas jelas berbeda dari kerumunan tanpa bentuk. Keberadaan sebuah ormas, dilengkapi dengan perangkat dan struktur serta legalitas pembentukannya. Dengan begitu, kita dapat menafsir ormas sebagai format berekspresi dalam organisasi.Kemerdekaan untuk menyatakan pendapat, termasuk berkumpul di dalamnya, merupakan elemen penting dalam menjamin kondisi majemuk dan beragam, di tengah kehidupan bersama. Keberadaan ormas, memiliki tujuan serta agenda kegiatan yang disepakati oleh seluruh anggotanya.Hasil penelitian Al Araf, 2022, Pembubaran Ormas, Sejarah Politik-Hukum di Indonesia (1945-2018) menyebutkan bahwa dalam setiap tahap kekuasaan upaya pembubaran ormas berlangsung dalam motif yang tipikal, manakala ormas dipandang menjadi gangguan bagi kekuasaan.

Baca Selanjutnya…

https://kumparan.com/yudhi-hertanto/teks-pembubaran-pada-konteks-ormas-1xgo8N4ATkM/1?shareID=XKyVNUAzxu8q&utm_campaign=share&utm_medium=whatsapp&utm_source=kumApp

id_IDIndonesian