Taliban Disebut Mengispirasi Teroris, Pengamat Komentar Begini

Wakil Direktur Imparsial Gufron Mabruri mengamini pernyataan Densus 88 yang menyebut bahwa kemenangan Taliban menginspirasi kelompok teroris Indonesia.

07 Oktober 2021 11:10
 Redaktur: PASKALIS YURI ALFRED
 Reporter: PANJI

GenPI.co – Wakil Direktur Imparsial Gufron Mabruri mengamini pernyataan Densus 88 yang menyebut bahwa kemenangan Taliban di Afghanistan menginspirasi kelompok teroris Indonesia.

“Sebagaimana peristiwa lain di tingkat global, kemenangan Taliban bisa saja menginspirasi kelompok ekstremis radikal,” ujar Gufron kepada GenPI.co, Kamis (7/10).

Menurutnya, kemenangan Taliban tersebut tidak hanya berdampak di Indonesia, akan tetapi juga di belahan dunia lain.

“Pada konteks Indonesia, pengalaman historis, yakni aksi terorisme pada dekade 2000-an dilakukan oleh orang-orang yang pernah berperang di Afganistan,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Gufron, penguatan langkah-langkah pencegahan perlu dilakukan agar masyarakat Indonesia tidak terjerumus dalam sindikat terorisme tersebut.

“Misalnya, mulai dari mengidentifikasi apakah ada WNI yang terlibat kontra narasi terhadap isu Taliban dan glofirifikasinya di Indonesia,” katanya.

Gufron juga mengatakan bahwa sinergitas pemangku kepentingan baik di pemerintahan dan masyarakat untuk mencegah masuknya sindikat terorisme.

“Jangan sampai hal itu memantik gerakan gerakan ekstremis serupa di Indonesia,” ujarnya.

Seperti diketahui, Direktur Pencegahan Densus 88 Polri Kombes M Rosidi menyatakan bahwa kemenangan Taliban di Afghanistan menginspirasi kelompok teroris di Indonesia.

“Euforia kemenangan Taliban ini dapat membawa dampak terhadap keberadaan kelompok teror di Indonesia,” ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (5/10).

Selain itu, Rosidi juga menilai kemenangan Taliban tersebut bisa dapat dijadikan sebagai sarana propaganda.

Dirinya juga  menerangkan bahwa jaringan teroris di Indonesia acap kali membuat narasi bermodal kemenangan Taliban.

“Dalam interogasi terhadap salah satu pimpinan Jamaah Islamiyah (JI) yang beberapa waktu lalu kita tangkap di mana dia dalam ceramahnya menyampaikan kepada jemaahnya untuk terus istiqomah sebagaimana yang dilakukan oleh Taliban,” ujar Rosidi.(*)

id_IDIndonesian