• BERANDA
  • HUKUMAN MATI
  • KEBEBASAN BERAGAMA DAN BERKEYAKINAN
  • KONFLIK ACEH DA PAPUA
  • HAM
  • TENTANG IMPARSIAL

Evaluasi Praktik Hukuman Mati Pada Era Jokowi (2014-2020)

Namun demikian, eksekusi mati terhadap WNI yang bekerja di luar negeri masih terus terjadi. Dari catatan Kemenlu, sepanjang tahun 2014-2019 terdapat empat WNI yang dieksekusi, yaitu: (1) Siti Zaenab, (2) Karni, (3) Muhammad Zaini Misrin Arsad, dan (4) Tuti Tursilawati, dimana eksekusi terhadap kesemuanya dilakukan oleh pemerintah Saudi Arabia atas tuduhan yang sama, yakni pembunuhan majikan.

Tabel 4

Eksekusi Mati Buruh Migran Indonesia di Luar Negeri

Tabel di atas menunjukkan beberapa kasus terkini terkait eksekusi mati buruh migran Indonesia di negara tempat mereka bekerja. Eksekusi yang diterima para buruh migran, menurut data Migrant Care, kerap dilakukan tanpa memberikan notifikasi (mandatory consular notification) terlebih dahulu kepada perwakilan pemerintah Indonesia di negara tersebut. Eksekusi mati terhadap Tuti Tursilawati misalnya, dilakukan tanpa memberikan notifikasi resmi kepada pemerintah Indonesia.

Di samping kasus di atas, data dari Kementerian Luar Negeri RI menunjukkan bahwa terdapat 188 kasus WNI yang masih ditangani oleh pemerintah Indonesia pada saat ini. Dari 188 kasus yang masih ditangani itu, 148 kasus berada di Malaysia, 20 kasus di Arab Saudi, 11 kasus di Republik Rakyat Tiongkok, 4 kasus di Uni Emirat Arab, 2 di Singapura, 2 di Laos, serta 1 kasus di Bahrain.[22]

22 Ibid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *