Koalisi LSM Ingatkan DPR Punya Hak Tolak Usulan Calon Panglima TNI

CNN Indonesia
Jumat, 05 Nov 2021 15:54 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan, yang terdiri dari 14 lembaga swadaya masyarakat (LSM), meminta DPR tidak hanya menjadi stempel pemerintah saat melakukan uji kelayakan terhadap calon tunggal Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.
Peneliti dari Imparsial, salah satu LSM anggota koalisi, Husain Ahmad berharap DPR melakukan fit and proper test secara terbuka.

“Jangan kemudian ada kesan bahwa fit and proper test ini hanya sekadar sebagai stempel pemerintah saja sebagaimana terjadi di masa Orde Baru,” kata Husain dalam konferensi pers yang digelar Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan secara virtual (4/11).

Ia pun meminta DPR terutama menanyakan soal dugaan keterlibatan Andika dalam pembunuhan tokoh masyarakat Papua, Theys Hiyo Eluay pada 2001 silam. Selain tentunya, terkait kepemilikan harta Andika yang fantastis.

....

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211105112141-32-717037/koalisi-lsm-ingatkan-dpr-punya-hak-tolak-usulan-calon-panglima-tni

en_GBEnglish (UK)