Catatan Akhir Tahun Koalisi Masyarakat: 9 Tahun Dipimpin Jokowi, Demokrasi Indonesia Semakin Krisis

angkapan layar Presiden Jokowi dalam acara Peresmian Pengoperasian Sinyal BTS 4G Bakti serta Integrasi Satelit Satria-1, di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis, 28 Desember 2023. ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

TEMPO.COJakarta – Civil Society Coalition menyatakan demokrasi Indonesia di era pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengalami kemunduran serius. Hal itu ditandai dengan kembalinya negara kekuasaan dan pengabaian terhadap hak asasi manusia (HAM). Puncaknya adalah untuk tujuan kepentingan politik elektoral

“Situasi penghormatan hak asasi manusia (Human Rights) dan demokrasi dalam sembilan tahun terakhir mengalami penurunan yang sangat drastis dan berada dalam situasi krisis,” kata Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan atau KontraS, Dimas Bagus Arya, dalam keterangan tertulis, pada, Kamis, 28 Desember 2023.

Dalam dikusi “Catatan Akhir Tahun tentang Kondisi Demokrasi, Hukum dan HAM” pada 28 Desember 2023, Dimas mengatakan, kemunduran demokrasi, hukum, HAM, itu berkaitan dengan pengabaian tanggung jawab penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat masa lalu.

Hingga saat ini, penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat masa lalu itu belum kunjung dituntaskan secara adil dan bermartabat. Faktor lainnya, menurut Dimas, penutupan ruang sipil yang dilandasi dengan semakin sempitnya ruang berpendapat, berpikir, serta berekspresi.

“Ruang tersebut ditutup dengan makin maraknya fenomena pembungkaman, represivitas, serangan digital, dan kriminalisasi terhadap para pembela HAM, pembela lingkungan, jurnalis, pegiat antikorupsi dan akademisi,” ujar Dimas.

Direktur Imparsial Gufron Mabruri, mengatakan kemunduran demokrasi dan hak asasi manusia merupakan sesuatu yang faktual. Bukan hal mengada-ngada. Demokrasi yang dibangun sejak 1998, yang seharusnya semakin terkonsolidasi di era pemerintahan Jokowi, justru mengalami kemunduran serius.

“Demorkasi substantif mengedepankan nilai-nilai kebebasan dan HAM dikorupsi oleh perilaku elit politik pragmatis,” tutur dia. Kondisi ini tidak bisa dilepaskan dari prioritas kebijakan Jokowi sejak awal pemerintahannya yang memprioritaskan pada pembangunan ekonomi yang berorientasi pertumbuhan.

...

link : https://nasional.tempo.co/read/1814807/catatan-akhir-tahun-koalisi-masyarakat-9-tahun-dipimpin-jokowi-demokrasi-indonesia-semakin-krisis

en_GBEnglish (UK)